NEWS

Magister Hukum USM Gelar Pelatihan Penulisan Artikel di Jurnal Bereputasi

SEMARANG-Sebagai bekal bagi para mahasiswanya  untuk membuat karya ilmiah, tesis, dan tulisan ke jurnal,  Program Studi Magister Hukum Pascasarjana Universitas Semarang menggelar Pelatihan Penulisan Artikel di Jurnal Bereputasi. Acara digelar pada Sabtu (14/12) di  Ruang Sidang Utama Gedung B lantai 2 kampus Jl Arteri Soekarno Hatta, Tlogosari.

Pemateri utama adalah Prof Dr Irwansyah SH MH,  Guru Besar Fakultas Hukum  Universitas Hasanuddin, Asesor Jurnal Kemenristek Dikti, sekaligus Pembina Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum Se-Indonesia. Pelatihan dihadiri oleh Direktur Pascasarjana Dr Drs Djoko Santoso MSi, Ketua Program Studi Magister Hukum Dr  Muhammad Junaidi S HI MH,  mahasiswa  Magister Hukum Universitas Semarang, dan para dosen serta mahasiswa dari Undip, Unissula dan Uniss Kendal.

Dalam sambutannya Djoko Santoso mengemukakan, pelatihan penulisan artikel di samping bermanfaaat bagi mahasiswa dan dosen yang akan melakukan penelitian dan penulisan untuk jurnal juga berguna bagi pengelola jurnal di perguruan tinggi.  Sedangkan Irwansyah menjelaskan,  kriteria tulisan jurnal yang baik adalah mengungkapkan temuan baru (novelty) dengan didukung  referensi terbaru,  masuk akal, serta memberi kontribusi bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan.

Dia berharap, setelah mengikuti pelatihan muncul pemahaman yang sama mengenai  standar artikel yang baik sehingga nantinya artikel dapat diterima pada jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional. Editor in Chief Jurnal Ius Constituendum Magister Hukum Universitas Semarang Dr Zaenal Arifin SH MKn mengungkapkan, suatu artikel akan dimuat apabila sudah menyesuaikan dengan gaya dan pedoman penulisan pada jurnal yang dituju. 


Izzy | 08 January 2020