NEWS

Magister Hukum USM Gelar Kuliah Umum

SEMARANG-Progam Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Semarang menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema Membangun Negara Hukum Post Truth dengan Pembicara Prof Dr Jimly Asshiddiqie SH, mantan ketua Mahkamah Konstitusi. Acara itu berlangsung di kedung V kampus tersebut, Jl Soekarno Hatta Semarang.
Dalam ceramahnya, Jimly menyatakan ada pergeseran nilai di masa lampu dan sekarang. Post truth adalah kondisi yang disajikan lewat media dan lebih mempunyai ketertarikan emosional dibandingkan fakta yang terjadi. Ada peran media dalam membentuk opini yang berkembang di masyarakat dibanding dengan fakta sebenarnya, sebagaimana terjadi dalam Pemilihan Presiden Amerika pada 2016.
Dikemukakan pula, semakin maju suatu negara akan membuat aturan makin banyak. Padahal, lanjutnya, dalam suatu negara modern, hukum dan aturan harusnya semakin berkurang karena warganya akan menaati hukum dan norma. Hukum dan norma harus menjadi kesatuan dalam menilai benar atau salah, tetapi juga baik dan tidak.
Jimly menambahkan, berbeda dari hukum, norma dan kode etik jika jumlahnya banyak bukan menjadi masalah karena mengikat masing-masing profesi


Izzy | 08 January 2020